Senin, 11 Januari 2010

etika dalam promosi

kegiatan promosi sangat diperlukan untuk dapat membuat barang yang kita produksi menjadi diketahui oleh publik
dalam berpromosi diperlukan etika-etika yang mengatur bagaimana cara kita berpromosi yang baik dan benar serta tidak melanggar peraturan yang berlaku ,etika ini juga diperlukan agar dalam berpromosi tidak ada pihak-pihak yang dirugikan oleh tekhnik promosi kita
berikut ini adalah etika-etika dalam melakukan pemasaran/promosi dilihat dari berbagai konteks seperti produk,harga,tempat dan produksi
Etika pemasaran dalam konteks produk:
Produk yang dibuat berguna dan dibutuhkan masyarakat.
Produk yang dibuat berpotensi ekonomi atau benefit
Produk yang dibuat bernilai tambah tinggi
Produk yang dapat memuaskan masyarakat

Etika pemasaran dalam konteks harga:
Harga diukur dengan kemampuan daya beli masyarakat.
Perusahaan mencari margin laba yang layak.
Harga dibebani cost produksi yang layak.

Etika pemasaran dalam konteks tempat / distribusi:
Barang dijamin keamanan dan keutuhannya.
Konsumen mendapat pelayanan cepat dan tepat.

Etika Pemasaran dalam konteks promosi :
Sebagai sarana menyampaikan informasi yang benar dan obyektif.
Sabagai sarana untuk membangun image positif.
Tidak ada unsur memanipulasi atau memberdaya konsumen.
Selalu berpedoman pada prinsip2 kejujuran.
Tidak mengecewakan konsumen.

kadang dalam melakukan promosi kita juga melakukan promosi melalui media seperti iklan
dalam membuat iklan pun kita harus memperhatikan etika yang ada di dalam bisnis periklanan itu sendiri
etika -etika itu antara lain
Iklan tidak boleh menyampaikan informasi yang palsu dengan maksud memperdaya konsumen.
Iklan wajib menyampaikan semua informasi tentang produk yang diiklankan
klan tidak boleh mengarah pada pemaksaan.
Iklan tidak boleh mengarah pada tindakan yang bertentangan dengan moralitas.

etika-etika diatas dapat membuat promosi menjadi lebih teratur dan terencana

Tidak ada komentar: